Tuesday 4 February 2014

Kapal Cina Menerobos Perairan Pulau yang Diklaim Jepang


* Minsera.Blogspot.com * _
Tokyo_Kapal-kapal Cina berlayar melalui perairan di pulau yang disengketakan Tokyo hari ini (Ahad, 2/2) menyusul ketegangan diplomatik antara Tokyo dan Beijing semakin meni
ngkat.

Tiga kapal penjaga pantai Cina memasuki hingga 12 mil perairan teritorial maritim dari salah satu pulau Senkaku—yang di Cina disebut dengan nama Diaoyu—sekitar pukul 06.30 IST, kata penjaga pantai Jepang.

Ini terjadi beberapa hari setelah ketegangan diplomatik atas kunjungan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ke Kuil Yasukuni, sampai ke Dewan Keamanan PBB. Cina dan Jepang saling menuding sedang mengancam stabilitas keamanan masing-masing.

Duta Besar Cina untuk PBB, Liu Jieyi, memanfaatkan perdebatan tentang pelajaran konflik untuk mengecam Abe atas kunjungannya ke Kuil Yasukuni, yang dibangun untuk menghormati para penjahat perang dan para korban perang di Jepang.

Jumat (31/1), Koran Asahi Shimbun menurunkan laporan tentang penyusunan proposal untuk zona baru, oleh pejabat tinggi Angkatan Udara Cina. Zona baru itu akan menempatkan kepulauan Paracel pada titik zona tersebut dan menyebar di banyak kawasan laut sekitar.

Beijing mengklaim Laut Cina Selatan di saat sejumlah negara sekitar laut itu juga mengemukakan klaim yang sama.

Pada November 2013, Cina mengumumkan ADIZ di atas Laut Cina Timur, meliputi pulau-pulau yang disesengketakan dengan Tokyo.

Beijing menuntut semua pesawat untuk menjelaskan rencana penerbangan mereka, mengumumkan kebangsaan mereka dan menjaga komunikasi radio dua arah sebelum memasuki wilayah udara, atau akan menghadapi "langkah-langkah defensif darurat."


Sumber: IRIB Indonesia

0 comments:

Post a Comment