Friday 22 March 2013

Singapura Masuk 20 Besar Eksportir Senjata di Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA--Negeri jiran imut, Singapura kini tercatata dalam daftar 20 besar eksporter senjata di dunia. Singapura berhasil melompati 11 peringkat dalam satu tahun setelah catatan terkini penjualan senjata dari negara itu terungkap tahun lalu.

Lembaga think-thank di Swedia, Stockholm International Peace Research Institute (Sipri) menemukan volume eksportsenjata konvensional utama dari Singapura melonjak. Nilai indikator trend (TIV) meningkat dari 12 juta dolar pada 2011 menjadi 76 juta pada 2012.

TIV adalah unit umum yang digunakan Sipri. Hitungan itu berdasar unit biaya produksi yang diketahui dalam pembuatan senjata, angka itu tidak mencerminkan nilai keuangan dalam transaksi jual beli.

Meski, baru-baru ini negara itu mengekspor senjata senilai 150 juta paund ke Inggris, salah satunya adalah 11 unit kendaraan tempur lapis baja, Broncos

Pakar pertahanan, kepada Straits Times, Rabu (21/3) menyatakan kenaikan itu merefleksikan kemampuan industri dalam negeri yang bertumbuh. "Melalui upaya inovasi militer yang juga dianut banyak negara, Singapura mendongkrak kemampuan kompetisi globalnya di pasar pertahana," ujar doktor dari periset dari S. Rajaratnam School of International Studies, Michael Raska.

0 comments:

Post a Comment