Thursday 12 March 2015

Baru Tiba, Saxon Inggris Tewaskan Tentara Ukraina


* Minsera.Blogspot.comPembelian kendaraan pengangkut personel lapis baja AT105 Saxon bekas oleh Ukraina dari Inggris dielu-elukan sebagai sebuah kekuatan baru militer negara tersebut. Tetapi bukannya melindungi pasukan, kendaraan tersebut justru membawa korban personel militer Ukraina.


20 Saxon tiba di Ukraina bulan lalu dengan rencana 50 unit lain menyusul. Tetapi pada hari Selasa 10 Maret 2015 sebuah kecelakaan terjadi melibatkan dua APC ketika dalam perjalanan dari Kiev ke kota Berezan di wilayah Kiev mengakibatkan kematian seorang tentara Ukraina.
Menurut laporan saksi mata yang dikutip Ria Novosti, kecelakaan bermula ketika satu panser menarik panser yang lain dengan jackknifed tow hitch atau penarik kaku (bukan tali). Tiba-tiba ketika panser depan bergerak ke kiri, panser yang ditarik justru bergerak ke kanan. Hingga panser yang depan tertarik dan masuk parit.Pengemudi panser di depan tewas sementara tidak ada laporan apakah ada penumpang atau driver di panser belakang.
Ukraina membeli 75 Saxon dari sebuah perusahaan Inggris. Berdasarkan laporan yang ada Ukraina harus membayar 50.000 dollar AS per kendaraan. Namun sejumlah analsis menilai sebenarnya kendaraan tersebut cukup rentan. Thomas Newdick di blog populer War is Boring justru menyebut kendaraan itu sebagai “lapis baja roti van” dan menekankan bahwa Saxon sangat rentan dalam pertempuran modern.
Namun sepertinya Ukraina tidak punya pilihan. Karena keterbatasan anggaran mereka harus membeli APC kuno meski justru memunculkan risiko tinggi bagi personelnya yang seharusnya lebih aman dengan kendaraan tersebut.

0 comments:

Post a Comment