Wednesday 20 August 2014

Alat Tempur Indonesia Terbelakang Di Bandingkan Negara ASEAN Lainnya

Kendaraan Lapis Baja Darurat TNI DOM Aceh
* Minsera.Blogspot.comJakarta: Mantan KSAD TNI,Jenderal (Purn) TNI Pramono Edhie Wibowo, mengatakan Alutsista Indonesia termasuk yangpaling terbelakang bahkan di antara beberapa tetangga negara ASEAN.

Ia mengatakan itu sebelum bertolak ke Hamburg,Jerman, untuk
ikut hadir dalam upacara pengiriman pertama (roll out) 52, tank Leoparddari 164 unit yang telah dipesan TNI AD melalui Kementerian Pertahanan tahun 2013 lalu.


AMX Retrofit di PT Pindad
"Selama ini, Indonesia hanya mengandalkan pada tank tempur ringan seperti Scorpion, dan AMX-13.Ketiga jenis tank ringan ini terbilang sudah uzur,"terang Edhie kepada wartawan di Jakarta, Minggu(22/6/2014) pagi.Menurutnya, pembelian 164 unit tank Leopard ini merupakan bagian penting dari penyegaranalutsista yang terahir dilakukan 30 tahun lalu.

Ia menegaskan pembelian ini adalah bagian dari modernisasi alutsista."Penyegaran tersebut diperlukan Indonesia untuk menjamin kedaulatan Negara Kesatuan RepublikIndonesia," tegasnya.

Sekadar informasi, ppacara pengiriman paket pertama tank Leopard akan dilaksanakan di Unterluss, Jerman. Rombongan High Level Committee (HLC) dipimpin Wamenhan, Letjen(Purn) Sjafrie Sjamsoeddin.Adapun pembelian tank Leopard di inisiasi Edhie saat dirinya menjabat sebagai KASAD. Sesuai dengan perjanjian jual beli yang dilakukan pada2013 lalu, Kemenhan memesan 164 tank Leopard jenis main battle tank dan medium tank IFVMarder.

Tank Leopard ini dibeli lengkap beserta amunisi,peluru latihan, dan suku cadang oleh Kemhan dari perusahaan Jerman, Rheinmettal AG, atas persetujuan Pemerintah Jerman.Di sisi lain, Danpusenkav Brigjen TNI Mulyanto mengatakan kehadiran pihaknya di Unterluss adalah untuk melihat langsung persiapan akhir yang meliputi inspeksi teknis dan uji coba unit tank Leopard yang akan dikirim ke Indonesia."Rencananya 26 MBT dan 26 marder ini bisa tiba di Indonesia dalam waktu dekat dan bisa diperagakan pada upacara perayaan hut TNI 5 Oktober mendatang," tutupnya.

Sumber: Metrotvnews.com

0 comments:

Post a Comment